TUGAS VCLASS 5 ETIKA PROFESI

 Kode etik dan aturan yang relevan pada profesi dibidang IT

a. Technical Engineer, bertugas dalam bidang teknik baik dalam pemeliharaan maupun dalam perbaikan perangkat komputer. Berikut merupakan kode ETIK Technical Engineer dari IEEE :

Akan jujur dan realistis dalam menyatakan klaim atau perkiraan menurut data yang tersedia.

Menolak sogokan dalam segala bentuknya.

-Berupaya menghindari kecelakaan pada orang lain, milik, reputasi, atau pekerjaan dengan tindakan salah atau maksud jahat.

b. Programmer, Bertugas mengimplementasikan rancangan sistem analis yaitu membuat program baik aplikasi maupun sistem oprasi. Kode etik programmer sebagai berikut : 

Tidak boleh menerima dana tambahan dari berbagai pihak eksternal dalam suatu proyek secara bersamaan kecuali mendapat ijin.

-Tidak boleh mencari keuntungan tambahan dari proyek yang didanai oleh pihak kedua tanpa ijin.

-Terus mengikuti teknologi informasi pada perkembangan ilmu komputer.

c.Web Designer bertugas dengan unsur unsur visual dan grafis pada halamam web. Kode etik nya sebagai berikut :

Reliability / Reliabilitas. Seorang web designer memiliki kewajiban untuk memastikan bahwa proyeknya bisa selesai dan bisa digunakan oleh kliennya. Apabila seorang web designer memiliki keragua-raguan atas kemampuannya menyelesaikan sebuah proyek, ia wajib menginformasikan hal tersebut di awal pengerjaan.

Confidentiality / Kerahasiaan.  Dalam sebuah proyek website, seorang web desainer pasti akan menggunakan akses code dan username untuk berbagai hal ( CMS, CPanel, Spanel, FTP ) yang bisa didapatkan dari klien ataupun dari perusahaan hosting. Merupakan kewajiban web designer untuk menyimpan baik data tersebut selama proyek berlangsung dan melakukan serah terima resmi data-data tersebut setelah proyek konstruksi selesai.

Usability / Kedaya guna-anSebuah website harus dibuat supaya useful / berguna, buka terserah keinginan klienny Pertama, fungsi-fungsi yang ada di situs harus bisa berguna bagi pengunjung dan bagi klien. Kedua, web designer wajib untuk melatih kliennya untuk menggunakan situs tersebut. Bahkan untuk hal-hal kecil seperti membuat email atau login ke CPanel / SPanel.

Sumber : 

http://bkpsdmd.babelprov.go.id/content/penggunaan-teknologi-informasi-dalam-penerapan etika-profesi-di-masyarakat

Komentar