Tugas Vclass 1 Etika Profesi

Nama : Ananda Bagas Amarullah Tanjung

Kelas : 4KB08

Npm : 20117642

Tugas VC 1

Soal

1.       Tuliskan profesi profesi yang relevan dengan bidang sistem komputer

2.       Tuliskan aktivitas tidak ber-ETIKA professional dalam bekerja sebagai seorang sarjana sistem komputer (beri 3 contoh dan Analisa)

3.       Jelaskan dan uraikan organisasi profesi yang relevan untuk ilmu komputer (nasional/internasional)

Jawab

1.       A. Analis komputer

Seorang analis sistem komputer bertugas dalam menganalisis software,hardware , maupun sistem informasi, agar sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan atau klien. Memberikan Analisa dan rekomendasi perbaikan sistem,serta merancang,serta mengevaluasi sistem adalah hal hal yang harus dilakukan orang yang menekuni profesi ini.

B.Data Scientist

Seorang yang bertugas untuk mengumpulkan dan menganalisa data dan mengkomunikasikan hasil temuan dan hasil temuan nya menjadi pembaruan dari sebuah sistem.

C.Database Administrator

Seorang yang mengatur database perusahaan sehingga database menjadi rapih dan mudah ditemukan Ketika database diperlukan.

D.Developer software

Seorang yang merancang software dan penguji software.

E.Web developer

Seorang yang merancang sebuah web  sebuah instansi atau perusahaan dan bertanggung jawab memantau web.

 

2.       A.Menjual data perusahaan

Ini adalah contoh tidak berETIKA sarjana komputer, Ketika seorang professional memegang database perusahaan yang menjadi tanggung jawabnya, namun data data perusahaan dijual kepada pihak yang tidak bertanggung jawab untuk kepentingan pribadi. Data – data yang dijual akan dipergunakan untuk kejahatan yang akan merugikan perusahaan bahkan karyawan.

B. Pembajakan program komputer 

Aktivitas ini merupakan contoh ketidak profesionalan dari sarjana komputer, dengan menggunakan program yang dapat dari internet maupun mencuri data fisik lalu memplagiat program komputer untuk kepentingan sendiri dan mendapat benefit dari aktivitasnya.

C. Merekayasa Database

Seorang database administrator wajib bertanggung jawab dengan data yang menjadi tanggung jawabnya, tidak berhak merubah bahkan memalsukan data. Aktivitas ini menunjukan ketidak profesionalan seorang sarjana komputer karena memiliki sifat tidak jujur dan tidak bertanggung jawab untuk pekerjaanya.


 3.       Ikatan Profesi Komputer dan Informatika Indonesia (IPKIN) adalah sebuah organisasi yang berdiri pada tahun 1974 yang merupakan organisasi nirlaba independent yang beranggotakan para profesional dalam bidang Komputer dan Informatika.IPKIN bertujuan untuk meningkatkan pemanfaatan dan pengembangan teknologi Komputer dan Informatika di Indonesia guna menunjang Pembangunan Nasional. Untuk itu IPKIN berupaya berperan sebagai wadah komunikasi, konsultasi dan koordinasi antar anggota. Hal itu dilakukan dengan melaksanakan fungsi kegiatan sebagai berikut :

a. Menyelenggarakan dan atau ikut serta dalam kegiatan-kegiatan ilmiah seperti pendidikan, latihan, seminar, ceramah, lokakarya, diskusi dan lain sebagainya yang berhubungan dengan bidang Komputer dan Informatika.

b.Menghimpun, mengelola dan mengembangkan bahan kepustakaan sesuai dengan kemampuan yang ada.

c. Menerbitkan berbagai karya tulis IPKIN (buletin, buku, jurnal profesi). Beberapa judul buku yang pernah diterbitkan oleh IPKIN antara lain . 10 Years dedication Indonesian Computer Society, Pendidikan Komputer di Indonesia, Regional Standard for Information Technology Professional, Standard Sertifikasi bidang Teknologi Informasi.

d. Mengadakan kerja sama dengan organisasi sejenis baik di dalam maupun luar negeri, selama maksud dan tujuan dari organisasi tersebut tidak bertentangan dengan maksud dan tujuan IPKIN.

e. Menyelenggarakan usaha lain yg dianggap perlu oleh IPKIN dan tidak bertentangan dengan AD/ART

 

Sumber :

https://rencanamu.id/post/karier/8-profesi-di-bidang-teknologi-yang-paling-dibutuhkan-di-masa-depan

https://direktoriorganisasiprofesi.wordpress.com/2016/01/15/ikatan-profesi-komputer-dan-informatika-indonesia-ipkin/

 

 


Komentar