Tugas Sosial Dasar

DISKRIMINASI
 Diskriminasi adalah suatu peristiwa yang biasanya ditemukan dalam masyarakat manusia, itu karena kecenderungan manusian untuk membeda-bedakan orang lain. Diskriminasi lebih merujuk kepada pelayanan yang tidak adil terhadap individu tertentu.

Terdapat 2 tipe Diskriminasi yaitu:

1.   Diskriminasi tidak langsung, terjadi ketika peraturan netral menjadi diskriminatif saat diterapkan di lapangan

2.   Diskriminasi langsung, terjadi ketika hukum, peraturan atau kebijakan jelas menyebutkan karakteristik tertentu, seperti jenis kelamin, ras, dan sebagainya, dan menghambat kesempatan yang sama.

Sementara Diskriminasi menurut para ahli yaitu :

·         PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa)
“Diskriminasi termasuk perilaku, berdasarkan perbedaan dalam kategorisasi yang dibuat oleh alam atau masyarakat, yang tidak ada hubungannya dengan kemampuan individu atau jasanya”.

·        Sears, Freedman dan Peplau (1999)
Perilaku menerima atau menolak seseorang semata-mata berdasarkan keanggotaanya dalam kelompok.

·        Theodorson Dan Theodorson (1979:115-116)

Perlakuan yang tidak seimbang terhadap perorangan, atau kelompok, berdasarkan sesuatu, biasanya bersifat kategorikal, atau atribut-atribut khas, seperti berdasarkan ras, kesukubangsaan, agama, atau keanggotaan kelas-kelas social.
CONTOH KASUS :

 Konflik Rohingya di Myanmar

 Etnis Rohingya di Myanmar hingga saat ini kerap diperlakukan secara diskriminatif oleh pemerintah Myanmar. Perbedaan asal usul etnis Rohingya yang minoritas dengan mayoritas masyarakat Myanmar membuat konflik ini sulit terselesaikan. Ditambah lagi dengan kondisi etnis Rohingya yang berlatar belakang Muslim, membuat pemerintah Myanmar semakin menganggap mereka bukanlah bagian dari warga Myanmar.

Menurut saya, seharus nya konflik di rohingya harus cepat di selesaikan. Karena Kekerasan mematikan semakin memburu di negara bagian Rakhine, Myanmar, dalam beberapa hari terakhir, dengan hampir 100 orang tewas. Korban tewas meningkat karena bentrokan bersenjata antara tentara dan militan Rohingya terus berlanjut. Saya menjadi salah seorang yang menyeruakan untuk di hentikanya konflik ini.Tanggapan tanggapan dari warga indonesia pun sangat positif dengan menyalurkan bantuan bahkan demontrasi pun di lakukan untuk menghentikan konflik ini. Perdamaian yang semua kita harapkan dan konflik ini segera berakhir.
Nama : Ananda Bagas Amarullah Tanjung
Kelas : 1KB08
NPM : 20117642
sumber :
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20150708230946-32-65301/titik-kelam-upaya-memberantas-politik-dinasti-di-indonesia/

Komentar